“Sukses itu Cukup Satu…,” Mr. Sudimin Mina, ‘GIS’ Dir Microsoft Id

7 Nov 2013

Hidup harus fokus, jangan sok kemaruk. Kalau ingin sukses, konon cukup fokus dan perdalam bidang which you can sell. Banyak orang ‘yang konon’ bijak menyatakan bahwa manusia tidak bisa duduk di dua kursi. Saya pribadi cukup setuju dengan petuah tersebut. Yah wajarlah: apakah pantat manusia yang rata-rata selebar diameter galon air bisa duduk di dua kursi, kecuali memosisikan kaki lurus selonjor mirip saras 008?Kidding bro, sis! Yah sebenarnya ini opini dan refleksi diri, mungkin ada beberapa orang yang bisa sangat fokus jika duduk di dua kursi bahkan lebih, tapi menurut saya mayoritas manusia di muka bumi ini lebih cenderung cuma bisa duduk di satu kursi.

Sebenarnya saya pribadi tipikal orang yang kemaruk, yah sok bisa segalanya (mukul bisa, nyantet bisa, modusin orang juga bisa..haha!) tapi setelah dipraktekan nyatanya keteteran mbabro! Finally, now I decide mendingan fokus ke beberapa satu bidang aja deh.

Pemikiran ini pun semakin diperkuat usai menghadiri training Ucrew Windows 8 Ambassador di Gd.Microsoft (7 November 2013). Di sesi akhir discuss and sharing ada suatu petuah dari Pak Sudimin Mina,Genuine Initiative Software Director Microsoft Indonesia. Yah meskipun sebenarnya di sesi tersebut berbicara perihal bahayanya menggunakan ‘everything‘ yang berbau bajakan, beliau memberikan sedikit curhatan if you wanna get succes: fokus!

Yah fokus pada satu hal saja yang paling bisa kau kuasai. Tidak perlu ngoyo punya IQ setinggi langit einsten, atau kemampuan multitalented layaknya Robert Pattinson (udah bisa modusin cewek, bisa jalan secepat kilat, bisa ngisep darah pula…wkwkwk). Beliau menuturkan bahwa jalan mulus menggapai karirnya sekarang hanya berawal dari microsoft office: excel. Beliau menyadari tidak terlalu paham masalah IT lainnya, tapi beliau paham excel, ya udin beliau pahami dan mantepin excel benar-benar (bagi banyak orang kan excel seperti software yang ya..you know what I mean lah…).

Beliau turut menceritakan kisah dua ahli silat (saya lupa siapa nama tokohnya..hiks..); yang satu memelajari banyak jurus (mungkin dari jurus cakar elang, jurus mabuk, sampai seribu bayangannya naruto), dan satunya mempelajari satu jurus sampai benar-benar matang, sematang-matangnya kayak tiap saya menanak nasirice cooker. Dan ketika mereka beradu kekuatan, ya kau tahulah siapa yang menang. Yah dari gaya penulisanku saja kalian pasti tahu kan! Kalau gak tahu, kebongeden kebangeten!

Oke so, kunci mau sukses ya fokus! Kau bisa apa? Dalami! Jadi inget pula, kenapa Kevin anaknya Addie MS bisa sukses seperti sekarang, ya karena dia tahu passion dan kemampuan dia di musik ya dia dalami itu, finally lihatlah dia sekarang…

Bahkan jadi ingat pula penuturan salah seorang teman, konon orang-orang jaman baholeng (jaman dulu kala) banyak yang ditinggikan derajatnya oleh Tuhan YME. Padahal konon, mereka ngucap amin saja pelo, bacanya ‘ngamin’, baca alfatihah saja ya alpatiha. Ngamalin amalan ya cuma itu-itu aja, maybe dzikir rutin usai sholat (tasbih, tahmid, takbir) 33x, kalau orang sekarang lihat tuh ada hizb ini, hizb itu. Tapi konon orang-orang jaman kuno sana lebih mulia dibanding sekarang. Why? Yah, ‘di luar’ kondisi sekarang memang jalan maksiat lebih terbuka lebar hingga hati mudah kotor layaknya kaki jinjit-jinjit di tengah peternakan ayam lho ya.. Selain itu ya karena ketelatenan mereka dalam mendalami amalan rutin mereka, meskipun satu amalan, meskipun amalan kecil, tapi didalamin, diresapi, diistiqomahkan!

So, harus disadari kunci kesuksesan apapun jenisnya ya fokus! Fokus fokus mirip lensa kamera, jangan blur! So, apa bidang yang akan kau dalami sekarang untuk menggapai kesuksesanmu?!

Salam!


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post